Sewa BOSEH di Bandung? Begini Caranya

6/27/2018




Pernah lihat ada banyak sepeda berjejer kayak gini, mau minjem tapi gak tau mesti nanya ke siapa? Trus gak ada yang ngejagain lagi.

Tenang, kalian berada di tempat yang benar. Duduk kalem, tarik nafas yang dalam, hembuskan. Oke, setelah perasaan kalian tenang, sila baca baik-baik penjelasan di bawah ini.

Ini tuh namanya BOSEH. Singkatan dari Bike on The Street Everybody Happy. Merupakan bikesharing system di Kota Bandung, dan juga menjadi yang pertama di Indonesia.

Sudah tidak sabar ingin mencoba? Oke!

Cara peminjaman sepedanya sangat gampang. Tapi, sebelum bisa meminjam, kalian harus registrasi terlebih dahulu. Caranya? Kunjungi salah satu booth registrasi yang tersedia untuk mendaftar menjadi pengguna bike sharing. Salah satunya aja ya, gaes. Gak usah semuanya.

Booth registrasi bisa kalian temukan di Alun-alun Utara, Taman Cibeunying atau di Loop Station (Seberang Museum Geologi).

Setelah menemukan boothnya, silahkan daftarkan diri kalian kepada petugas yang ada. Kalian akan diberikan kartu e-payment Brizzi (untuk Bank lain masih dalam tahap persiapan) yang dibeli dengan harga Rp30.000 dan topup minimal Rp5.000. Untuk saat ini, kartu yang bisa digunakan adalah Brizzi. Kartu sebelumnya (yang kuning biru itu) sudah tidak bisa digunakan lagi. Sekarang sudah beralih ke kartu e-payment atau uang elektronik. Tapi, jika kalian sudah punya kartu Brizzi sebelumnya, kalian tidak perlu lagi membeli, cukup langsung daftarkan diri. Jangan lupa bawa e-KTP atau tanda pengenal resmi lainnya seperti SIM atau paspor. Setelah registrasi dan proses foto kalian sudah bisa menggunakan layanan bike sharing.



Nah, untuk proses peminjamannya tinggal datangi salah satu shelter yang menyediakan sepeda. Tempelkan kartu e-payment dan ikuti petunjuk pada layar, setelah itu sepeda akan ter-unlock dari dockingnya. Kalau bingung, biasanya petugas pada saat registrasi awal akan memberitahu cara peminjaman dan pengembaliannya.





Sepeda siap digunakan. Jangan lupa dikembalikan ya…

Untuk tarif, pada pemakaian 1 jam pertama dikenakan biaya sebesar Rp1.000 dan 1 jam selanjutnya dikenakan biaya Rp2.000. Tapi kalau mau hemat mah, sebelum satu jam berlalu segera cari shelter terdekat, balikin, dan pinjam lagi. Hahahahha

Kalian bisa mengembalikan sepedanya di shelter mana saja yang terdekat dengan tujuan kalian. Ada 16 shelter aktif openloop di 16 titik. Info jelasnya bisa lihat di bawah ini, bisa juga download aplikasi boseh. Aplikasi boseh ini menyajikan titik-titik shelter beserta jumlah sepeda dan dock yang tersedia, so, bisa cek shelter terdekat untuk peminjaman dan pengembalian sepeda. Info jumlah shelter yang tersedia juga terkadang lebih dari 16 shelter.



BOSEH beroperasi setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Jadi, diluar waktu-waktu itu sepeda akan diangkut kembali oleh DISHUB Kota Bandung (Mungkin. Ini sebenarnya aku gak tau jelas, cuma kadang lihat ada mobil yang naik-turunkan BOSEH setiap hari). Tapi, kadang-kadang ada juga yang gak diambil sampai malam, hehehe

Berikut Daftar  shelter yang tersedia (berdasarkan aplikasi boseh):
Simpang Dago – Siliwangi
Ganesha - Gerbang Barat ITB
Teuku Umar – Dago
Simpang Cikapayang – Dago
Masjid Cipaganti – Cipaganti
Cihampelas Bawah Pasupati
Rektorat ITB Tamnsari
Loop Station – Diponegoro
Taman Gesit
Taman Cibeunying
Taman Lansia
Taman Pramuka
SMA 20 Masjid Istiqomah
Kantor Pos – Riau
Taman Maluku
Simpang Riau Seram – Riau Junction
Taman Musik Centrum
Alun-alun Selatan – Depan Perpustakaan
Alun-alun Utara – Depan Masjid Agung
Masjid Al-Ukhuwah – Wastu Kencana
Kantor Keuangan – Asia Afrika

Selamat mencoba! Tinggal nyobain Bandros nih



You Might Also Like

2 comments

  1. Waaaa musti yoba ini deh kayanya kalo ke Bandung. Kalo Bandros tuh masih ada kan ya? Belom nyoba juga yang satu itu >.<

    ReplyDelete
  2. Iya, masih ada. Dan rute serta armadanya makin banyak >_<

    ReplyDelete